Kamis, 06 Januari 2011

Kantor Camat Cilandak Pasang TV Pelayanan

Kantor Camat Cilandak Pasang TV Pelayanan
JAKARTA (Pos Kota) – Meningkatkan kualitas layanan publik yang prima, jajaran Kecamatan Cilandak kini terus berbenah diri. Plh Camat Cilandak Sayid Ali didampingi Sekretaris Camat Heryanto menjelaskan, masyarakat kini semakin kritis dan wajar saja jika menuntut pelayanan publik yang prima terhadap birokrat. Baik menyangkut efisiensi waktu dan biaya.
“Sejatinya PNS merupakan pelayan masyarakat dan bukan sebaliknya,” kata Sayid Ali.
Atas dasar itu lanjutnya, harapan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo agar di jajarannya tercipta pemerintahan yang baik dapat terlaksana termasuk di Kec. Cilandak.
Menurut Sayid Ali, salah satu terobosan yang telah dilakukan yakni memasang TV layar datar 42 inch di lobi kantor kecamatan tepat di depan pintu masuk utama.
Warga maupun pengunjung yang bermaksdu mengurus berbagai keperluan (layanan publik) dapat melihat di TV tersebut secara otomatis. Mulai dari pengurusan KTP, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), kartu kuning untuk pencari kerja hingga mengurus surat nikah. Usai jam kerja, TV tersebut dapat menjadi salah satu hiburan bagi staf kecamatan serta warga sekitar.
“Melalui TV info layanan publik ini warga dan masyarakat luas dapat mengetahui program pembangunan yang sudah dilakukan maupun yang akan dikerjakan untuk tahun ini,” tambah Heryanto.
Sejumlah warga mengaku senang dengan dipasangnya TV tersebut karena dapat mempersingkat waktu dan tidak bolak-balik bertanya ke petugas Satpol yang sedang piket juga staf lainnya.
“Sebelumnya saya tidak tahu prosedur membuat surat nikah untuk anak saya, tapi setelah lihat langsung di TV info ini saya jadi paham,” timpal Kasmono,55, warga RT 03 Kel. Lebak Bulus yang siang itu bermaksud membuat surat pengantar nikah untuk putranya.

2 komentar:

  1. “Melalui TV info layanan publik ini warga dan masyarakat luas dapat mengetahui program pembangunan yang sudah dilakukan maupun yang akan dikerjakan untuk tahun ini,”
    merupakan sebuah tujuan yang baik dalam pengembangan sistem pelayanan... yang dapat saya tangkap dari tujuan penyediaan tv pelayanan tersebut adalah keinginan pemerintah daerah agar kepercayaan masyarakat kepada kantor layanan publik atau apapun itu meningkat... dan masyarakat tidak perlu ragu-ragu datang kesana dan menjalani birokrasi yang selama ini dalam pandangan masyarakat buruk...
    kenapa dikatakan buruk??? kita dapat melihat dalam kehidupan sehari-hari... banyaknya keluhan masyarakat terhadap sistem pelayan yang diterapkan pemerintah... mungkin tidak semua masyarakat mengalami ini,,,, namun kebanyakan merasa pelayanan masih buruk... dari masalah pungutuan liar... pelayanan terhadap pengguna askes yang dianggap masih kurang baik dan terkesan memilih-milih pasien... sulitnya pembuatan KTP... pembuatan STNK... dan lain-lain...

    minimal dengan adanya tv layanan ini diharapkan masyarakat tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat sesuatu... dari membuat IMB... KTP... Surat Nikah... Surat Cari Kerja... dan lain-lain... dan tidak akan merasa ditipu atau diperas oleh oknum-oknum pelayan masyarakat... hehehehehehe

    BalasHapus
  2. anehnya... lho kok aneh... untuk masalah pelayanan, saya jarang mengalami masalah... atau mungkin tidak menganggapnya sebagai masalah...

    sempat beberapa tahun yang lalu saat orang lain merasa pelayanan rumah sakit terhadap pengguna askes dianggap 'kurang baik'... tidak menurut penilaian saya atau keluarga... yaaa... memang sesekali ada saja oknum perawatyang agak judes dan cerewet... atau 'agak' diperumit... sebenarnya hal ini dapat dihindari atau 'diakali'... hehehe

    mengakalinya mungkin dengan cara:
    - jangan terlihat seperti anda sangat 'butuh'
    - sebelum menggunakan askes, anda harus mengerti dulu apa itu askes... dan apa-apa saja hak anda didalam askes tersebut... jadi orang akan melihat anda seperti orang yang mengerti dan menginginkan haknya dipenuhi...
    - bertindaklah sopan... karena menurut saya, jika anda ingin orang lain sopan terhadap anda,,, maka anda juga harus bertindak sopan kepada orang lain
    - buat orang yang melayani askes anda merasa dihormati akan pekerjaannya... dan lain-lain
    - yang paling penting adalah taati aturan yang ada dan berlaku...

    hohoho...

    BalasHapus